Rabu, 28 Maret 2012

BEATBOX, Terapi Asma yang Menyenangkan :)


Artikel ini dibuat karena saya pernah nonton berita di Trans7 bahwa ada penderita Asma akut yang sembuh karena beatbox, (nah lho?)
Sebelum kita ke permasalahan inti, mari kita lihat apa itu Beatbox dan apa itu Asma.
Apa itu Beatbox?
Beatbox merupakan salah satu bentuk seni yang mengfokuskan diri dalam menghasilkan bunyi-bunyi ritmis dan ketukan drum, instrumen musik, maupun tiruan dari bunyi-bunyian lainnya, khususnya suara turntable, melalui alat-alat ucap manusia seperti mulut, lidah, bibir, dan rongga-rongga ucap lainnya. Didalam Beatbox, dikenal dengan tehnik dasar Kick, Hi’hat dan Snare, dsb. dimana ketika menghasilkan Sound effect tersebut harus menarik (inward) dan mengeluarkan udara (outward) serta mengatur pernafasan agar menghasilkan ketukan yang harmonis.
Dan apa itu Asma?
Asma secara keseluruhan adalah penyakit peradangan saluran pernafasan yang kronik. Saluran napas (udara) yang meradang dan teriritasi, rentan dan sensitif terhadap pemicu atau iritan apa pun.
Keadaan ini biasanya dipicu oleh beberapa faktor:
  • Infeksi virus dan bakteri dalam sistem pernafasan seperti flu dan pilek.
  • Alergi sepeti jamur, tungau, debu, kecoa, bulu anjing atau kucing dan udara dingin.
  • Emosional seperti stress, kegelisahan dan depresi
Maka, ketika penderita asma terpapar oleh suatu pemicu, saluran udaranya akan bereaksi berlebihan dan membengkak. Karena terjadinya penyempitan dan aliran udara menurun maka lendir akan terbentuk di paru-paru sehingga penderita mengalami kesulitan bernafas. Lendir tersebut merupakan tempat yang ideal untuk berkembang biaknya bakteri sehingga akan mengakibatkan peradangan pada saluran pernafasan akibatnya menimbulkan gejala seperti batuk, nafas mengikik dan sulit bernafas.
Inhaler yang mengandung Corticosteroids biasanya paling efektif untuk mengurangi pembengkakan dan memudahkan penderita asma untuk bernapas. Tetapi banyak penderita asma agak khawatir terhadap efek dari penggunaan menghirup Corticosteroid dalam jangka waktu yang panjang.

Nah,,Salah satu terapi untuk menyembuhkan asma adalah dengan senam asma.
Dimana pada latihan inti senam asma dimulai dengan pernafasan. Pada Latihan A, Senam ini Bertujuan untuk melatih cara bernafas yang efektif bagi penderita asma. Dengan cara menarik nafas dan mengeluarkan nafas. Proses pengeluaran nafas lebih lama 2 hitungan.
Latihan inti B, Bertujuan untuk melepaskan otot-otot pernafasan. Dengan irama yang ritmis, otot-otot akan menjadi santai, sehingga mempermudah pernafasan dan ekspektorasi. Serta pada proses mengeluarkan nafas, secara tidak sadar detoks (racun) dari paru-paru.

Pada kasus asma seperti ini, pengobatan dengan terapi  beatbox dapat membantu mencegah dan mengobati asma. Meskipun penderita asma tidak secara langsung berhenti mengkonsumsi obat-obatan tanpa seizin dokter, namun beatbox dapat mengurangi penggunaan obat-obatan dan corticosteroid. Kedepannya punya potensi mengurangi kambuhnya asma.

beatbox yg terdiri dari mengeluarkan dan menghirup udara  yang sangat berguna untuk penderita asma,hampir sama dgn senam asma. Karena ketika menghasilkan Kick (B), secara tidak sadar kick tersebut membantu mengeluarkan detoks dari paru-paru..
Nahh..Bagi temen-temen yang menderita asma, silahkan coba melatih pernafasannya secara rutin. Atau melakukan kegiatan beatbox dengan menggunakan pattern beatbox dasar kick (B), Hi Hat (Ch) dan Snare (K) secara rutin.
Dengan catatan senam asma ini tidak boleh dilakukan sembarangan. Ada syarat-syarat bagi mereka yang akan melakukan senam asma, yaitu: tidak dalam serangan asma, sesak dan batuk, dan tidak dalam keadaan stamina menurun akibat flu atau kurang tidur dan baru sembuh,


Manusia hanya bisa berusaha, dan Allohlah yang menentukan,,
Selamat mencoba… J

1 komentar: